blog-islam


Selamat datang kami ucapkan, semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua

Bila ada gambar yang tidak bisa dimuat, silahkan klik kanan pada gambar dan pilih view image



١٤٣٥ H/ 2014 M




SELAMAT DATANG DI Manaroh al-Ilmi

Cetak Pdf

Jumat, 27 April 2012

Republika Online
- 27 Apr 2012
- 34 menit lalu
Pakar Studi Islam Universitas Leiden, Maurits Berger menilai kebijakan anti Islam pada dasarnya merupakan wujud dari usaha pemerintah menjaga hubungan baik dengan Wilders dan PVV. Kini, larangan itu bisa saja dicabut mengingat pemerintahan mayoritas ...
Republika Online
- 27 Apr 2012
- 7 jam lalu
Pengadilan Mesir menghukum Imam karena dianggap menghina Islam dalam film-film dan dramanya. Pengadilan menyatakan Imam bersalah karena memfitnah Islam pada 2 Februari lalu. Selama ini, Imam kerap memasukkan lelucon soal pemerintah dan politisi selama ...
Republika Online
- 26 Apr 2012
- 14 jam lalu
ID, ABU DHABI – Pengacara insinyur Inggris yang dituduh menghina Islam meminta pengadilan Abu Dhabi untuk mencari arti kata "Damn" dalam kamus bahasa Inggris. Sang advokat berdalih penggunaan kata "Damn" itu tidak dimaksudkan kliennya untuk menghina ...
Republika Online
- 27 Apr 2012
- 7 jam lalu
Rasa cinta sesama umat (Islam) sepertinya sudah hilang. Hati ini bertanya, sudah berapa banyak ikat persaudaraan yang terputus? Berapa banyak hati yang ditikam permusuhan dan kebencian? Mencintai sesama, rasanya, bukan hanya saran dari orang-orang ...

didukung oleh~(*Manaroh al-Ilmi*)~

Kamis, 26 April 2012

Komentar Berita: Bali Jadi Tuan Rumah Pemilihan Miss World 2013

DENPASAR--MICOM: Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima Miss World 2011, Ivian Sarcos Lunasol Sarcos Colmenares, di ruang kerjanya, Rabu (25/4).

Saat bertemu Pastika, Miss World asal Venezuela tersebut didampingi Chairwoman of Miss World Organization, Julia Morley, Miss Indonesia Astrid Ellena dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Selain untuk menikmati keindahan alam dan keragaman budaya Bali, kedatangan Ivian Sarcos juga terkait dengan ajang pemilihan Miss World yang akan digelar di Bali pada tahun 2013 mendatang.

Ajang pemilihan Miss World dijadwalkan berlangsung selama sebulan penuh pada September 2013. Sedikitnya sebanyak 131 duta dari berbagai negara akan berkompetisi dalan ajang akbar ini. Untuk persiapan ajang bergengsi itulah, Miss World Organization mulai melakukan penjajagan ke Pulau Dewata.

Bali dipilih sebagai tuan rumah karena pulau ini telah begitu mendunia. Selain itu, Bali juga sukses menjadi tuan rumah serentetan event internasional. Dan ternyata, penetapan Bali sebagai tuan rumah mendapat respon postitif dari berbagai negara yang mengirimkan dutanya dalam ajang ini.

Dalam kesempatan itu Pastika menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Bali sebagai tuan rumah ajang pemilihan ratu sejagat tersebut.

Rencana perhelatan Miss World ini akan menambah daftar panjang event internasional di Bali pada tahun 2013. Gubernur pun mengurai sederet kegiatan di tahun tersebut di antaranya pemilu kada, World Culture Forum, Miss World, KTT APEC dan Bali Democracy Forum.

Khusus untuk menyambut event internasional tersebut, Bali terus berbenah mulai dari kesiapan sarana prasarana hingga keamanan. (OL/OL-3)
Sumber :http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/25/315436/67/10/Bali-Jadi-Tuan-Rumah-Penyelenggaraan-Miss-World-2013
Komentar : Pemerintah kita benar-benar tidak lagi menghargai perasaan umat Islam Indonesia, padahal atas jasa para Ulama lah rakyat Indonesia bisa memperoleh kemerdekaan dari tangan penjajah. Jadi pada hakekatnya kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para ulama itu hanya bisa dinikmati umat oleh Islam selama satu hari saja, yaitu tanggal 17 Agustus 1945, sebab besoknya tanggal 18 Agustus 1945 kewajiban menjalankan Syari'at Islam bagi para pemeluknya yang tercantum dalam piagam Jakarta sudah dihapus dari konstitusi negara kita. Maka sebenarnya kemerdekaan hasil perjuangan para Ulama itu hanya berlangsung 1 hari, setelahnya kita kembali dijajah oleh ideologi kafir yang terbukti hanya merugikan rakyat saja.

apakah hukum wirid yasin tahlilan takhtiman


Mengkritisi Wirid Yasin, Tahlilan, Tahktiman.
Oleh : Muhammad Abduh Nasution
Istilah tua dan muda kerap kali mewarnai pembahasan ini, sebab mereka yang tua adalah kelompok yang pro, sedangkan yang muda adalah kelompok yang kontra, padahal pemberian istilah ini hanyalah suatu upaya untuk memecah belah umat Islam, karena mereka yang dikatakan kelompok tua tentu karena merasa dirinya tua maka ia akan menjaga wibawa tradisi nenek moyang dan menganggap yang muda tak lebih dari anak kemaren yang belum merasakan asam garam hidup, dan sebaliknya mereka yang dicap muda akan serta merta menganggap bahwa kelompok tua itu hanyalah komplotan orang-orang kuno, kolot, dan keras kepala, dan terbukti istilah yang dibuat oleh orang diluar Islam ini mampu memecah belah umat Islam. Padahal nyatanya tidak demikian, yang namanya kebenaran tidak memandang dari segi usia, karena Allah SWT tidak pernah menjamin usia seseorang itu menjadi pegangan untuk mencapai kebenaran. Demikiankah dalam sejarah banyak kita lihat para pemuda menjadi tonggak kebenaran, dan banyak pula sepuh yang menjadi biang kesesatan, demikian pula sebaliknya.
Akan tetapi walau bagaimanapun juga, yang namanya kebenaran itu harus disampaikan, karena itu adalah tugas seorang muslim. Maka akan timbul pertanyaan, apakah tulkisan ini bermaksud hendak menyalahkan wirid Yasin? Anda keliru bila beranggapan demikian, karena kami bermaksud untuk mengkritisi kenyataan yang berlaku di masyarakat. Wirid Yasin, bukanlah hal yang haram, karena ia adalah ibadah membaca Al-Qur an, demikian pula dengan tahlilan, yang merupakan pembacaan kalimat laa ila ha illa Allah, pun demikian adanya dengan takhtim yang merupakan pembacaan zikir dan doa yang mempunyai fadhilah dalam Islam, dan ksemua rangkaian ini adalah sarana untuk mempererat tali silaturrahmi, yamg merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Namun terjadi beberapa kejanggalan dan penyimapangan, antara lain:
1.      Membaca beramai-ramai. Dalam dalil naqli yang saya jumpai, belum pernah ada menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menyerukan untuk membaca surah Yasin secara beramai-ramai atau bersam-sama. Hal yang paling mungkin bahwa para Ulama zaman dahulu dalam mengajarkan agama Islam bisa jadi menggunakan cara ini. Namun dalam perkembangannya, banyak orang yang berwirid bukan untuk belajar, melainkan untuk niat lainnya. Apalagi setelah Yasin pada zaman sekarang ini menggunakan transliterasi Arab, sehingga orang bukannya membaca surah Yasin, melainkan membaca transliterasinya dalam tulisan latin. Akibatnya terjadilah kesalahan baca pada surah Yasin itu yang tidak menutup kemungkinan akan merubah maknanya jauh dari makna aslinya. Maka dari itulah banyak Ulama yang mengharamkan membaca Al-Qur an menggunakan transliterai ini, karena akan mengubah maknanya, kecuali bagi mereka yang masih belajar, itupun jangan sampai terlena sehingga tidak mampu menguasai huruf Al-Qur an.
2.      Tahlilan. Dalam hal ini menurut sejarah bahwa asal muasal tahlilan itu dibaca kuat-kuat dan beramai-ramai, adalah orang-orang di Betawi pada waktu penjajahan Belanda sudah tidak mempunyai daya lagi untuk berjihad melawan mereka ini, sehingga orang-orang Betawi tersebut melakukan tahlilan sebagai upaya terakhir dalam Jihad melawan mereka ini. Namun pada akhirnya terjadi juga penyimpangan, yaitu membaca tahlilan sekencang-kencangnya sampai lafaz laa ilaha illa Allah menjadi amburadul, bahkan ada yang namanya ratib saman, sampai-sampoai pembaca tahlil ini keserupan tak sadarkan diri. Hal ini menunjukkan bahwa ini adalah upaya setan dalam menukar lafaz Allah.
3.      Takhtim. Di dalam takhtim ini juga terjadi kejanggalan, sebab adanya sambung menyambung ayat, mungkin saja pada zaman dahulu para Ulam sengaja membuat system ini agar orang cepat menghafal Al-Qur an, maka di zaman sekarang ini tidak ada salahnya bila dibuat pula Surah Al-Baqarah dalam bentuk takhtiman ini, sehingga akan banyak tercetak para penghafal Qur an, agar bangsa ini menjadi Negara yang berkah. Aamiiin.

Rabu, 25 April 2012

Teori Fisika Hawking, Mengungkap Perjalanan Isra Rasulullah SAW

Salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah diperjalankannya beliau oleh Allah SWT melalui peristiwa Isra’ Mi’raj. Banyak yang coba mengungkapkan peristiwa tersebut secara ilmiah, salah satunya melalui Teori Fisika paling mutahir, yang dikemukakan oleh Dr. Stephen Hawking.



Stephen Hawking
Teori Lubang Cacing

Raksasa di dunia ilmu fisika yang pertama adalah Isaac Newton (1642-1727) dengan bukunya : Philosophia Naturalis Principia Mathematica, menerangkan tentang konsep Gaya dalam Hukum Gravitasi dan Hukum Gerak.

Kemudian dilanjutkan oleh Albert Einstein (1879-1955) dengan Teori Relativitasnya yang terbagi atas Relativitas Khusus (1905) dan Relativitas Umum (1907).

Dan yang terakhir adalah Stephen William Hawking, CH, CBE, FRS (lahir di Oxford, Britania Raya, 8 Januari 1942), beliau dikenal sebagai ahli fisika teoritis.

Dr. Stephen Hawking dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama sekali karena teori-teorinya mengenai tiori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan tulisan-tulisan topnya di mana ia membicarakan teori-teori dan kosmologinya secara umum.

Tulisan-tulisannya ini termasuk novel ilmiah ringan A Brief History of Time, yang tercantum dalam daftar bestseller di Sunday Times London selama 237 minggu berturut-turut, suatu periode terpanjang dalam sejarah.

Berdasarkan teori Roger Penrose :

“Bintang yang telah kehabisan bahan bakarnya akan runtuh akibat gravitasinya sendiri dan menjadi sebuah titik kecil dengan rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga, sehingga menjadi sebuah singularitas di pusat lubang hitam (black hole).“
Dengan cara membalik prosesnya, maka diperoleh teori berikut :


Lebih dari 15 milyar tahun yang lalu, penciptaan alam semesta dimulai dari sebuah singularitas dengan rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga, meledak dan mengembang. Peristiwa ini disebut Dentuman Besar (Big Bang), dan sampai sekarang alam semesta ini masih terus mengembang hingga mencapai radius maksimum sebelum akhirnya mengalami Keruntuhan Besar (kiamat) menuju singularitas yang kacau dan tak teratur.

Dalam kondisi singularitas awal jagat raya, Teori Relativitas, karena rapatan dan kelengkungan ruang waktu yang tak terhingga akan menghasilkan besaran yang tidak dapat diramalkan.

Menurut Hawking bila kita tidak bisa menggunakan teori relativitas pada awal penciptaan “jagat raya”, padahal tahap-tahap pengembangan jagat raya dimulai dari situ, maka teori relativitas itu juga tidak bisa dipakai pada semua tahapnya.

Di sini kita harus menggunakan mekanika kuantum. Penggunaan mekanika kuantum pada alam semesta akan menghasilkan alam semesta “tanpa pangkal ujung” karena adanya waktu maya dan ruang kuantum.

Pada kondisi waktu nyata (waktu manusia) waktu hanya bisa berjalan maju dengan laju tetap, menuju nanti, besok, seminggu, sebulan, setahun lagi dan seterusnya, tidak bisa melompat ke masa lalu atau masa depan.

Menurut Hawking, pada kondisi waktu maya (waktu Tuhan) melalui “lubang cacing” kita bisa pergi ke waktu manapun dalam riwayat bumi, bisa pergi ke masa lalu dan ke masa depan.


Ilustrasi Lubang Cacing

Hal ini bermakna, masa depan dan kiamat (dalam waktu maya) menurut Hawking “telah ada dan sudah selesai” sejak diciptakannya alam semesta. Selain itu melalui “lubang cacing” kita bisa pergi ke manapun di seluruh alam semesta dengan seketika.

Jadi dalam pandangan Hawking takdir itu tidak bisa diubah, sudah jadi sejak diciptakannya.


Dalam bahasa ilmu kalam :

“Tinta takdir yang jumlahnya lebih banyak daripada seluruh air yang ada di tujuh samudera di bumi telah habis dituliskan di Lauhul Mahfudz pada awal penciptaan, tidak tersisa lagi (tinta) untuk menuliskan perubahannya barang setetes.”
Menurut Dr. H.M. Nasim Fauzi, sesuai dengan teori Stephen Hawking, manusia dengan waktu nyatanya tidak bisa menjangkau masa depan (dan masa silam).


Tetapi bila manusia dengan kekuasaan Allah, bisa memasuki waktu maya (waktu Allah) maka manusia melalui “lubang cacing” bisa pergi ke masa depan yaitu masa kiamat dan sesudahnya, bisa melihat masa kebangkitan, neraka dan shiroth serta bisa melihat surga kemudian kembali ke masa kini, seperti yang terjadi pada Nabi Muhammad SAW, sewaktu menjalani Isra’ dan Mi’raj.


Dari sinilah Rasulullah SAW diperjalankan oleh Allah SWT ke langit.

Sebagaimana firman Allah :

Dan Sesungguhnya Muhammad Telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal . . .
(QS. An Najm / 53:13-15)

Nampaknya dalam mengungkap Perjalanan Isra, Teori Hawking dengan “Lubang Cacing”-nya, sama logisnya dengan Teori Menerobos Garis Tengah Jagat Raya namun meskipun begitu, teori Hawking, tidak semuanya bisa kita terima dengan mentah-mentah.

Seandainya benar, Rasulullah diperjalankan Allah melalui “lubang cacing” semesta, seperti yang diutarakan oleh Dr. H.M. Nasim Fauzi, harus diingat bahwa perjalanan tersebut adalah perjalanan lintas alam, yakni menuju ke tempat yang kelak dipersiapkan bagi umat manusia, di masa mendatang (surga).

Rasulullah dari masa ketika itu (saat pergi), berangkat menuju surga, dan pada akhirnya kembali ke masa ketika itu (saat pulang).

Dan dengan mengambil teladan peristiwa Isra, kita bisa ambil kesimpulan :

1. Manusia dengan kekuasaan Allah, dapat melakukan perjalanan lintas alam, untuk kemudian kembali kepada waktu normal.

2. Manusia yang melakukan perjalanan ke masa depan, namun masih pada ruang dimensi alam yang sama, tidak akan kembali kepada masa silam (mungkin sebagaimana terjadi pada Para Pemuda Kahfi).

3. Manusia sekarang, ada kemungkinan dikunjungi makhluk masa silam, tetapi mustahil bisa dikunjungi oleh makhluk masa depan. Hal ini semakin mempertegas, semua kejadian di masa depan, hanya dipengaruhi oleh kejadian di masa sebelumnya.
Sumber : Vivanews.com

Minggu, 22 April 2012

Komentar Berita: Liberal Ingin Hilangkan Pengaruh Islam dalam Konstitusi Mesir

Liberal Ingin Hilangkan Pengaruh Islam dalam Konstitusi Mesir


Sabtu, 21 April 2012

Hidayatullah.com—Pimpinan Dakwah Salafy Mesir, Yassir Burhamy mengatakan hari Jumat kemarin (20/04/2012) bahwa kelompok liberal adalah penyebab krisis yang terjadi dalam Majelis Konstitusi.

“Kelompok liberal, dengan segala cara, ingin mencegah partai-partai Islam memiliki suara tertinggi saat merancang konstitusi, khususnya berhubungan dengan Pasal 2 yang terkait dengan identitas Islam [dalam negara] dan hukum syariat,” kata Burhamy dalam pernyataannya yang dikutip Al Mishry Al Yaum.

“(Mereka) memaksakan kehendak dengan cara-cara yang tidak demokratis guna mengacaukan formasi Majelis, dengan menggunakan tekanan media untuk membuat orang takut terhadap Islam,” imbuhnya.

Burhamy menegaskan, “Salafy akan menyeru rakyat untuk menolak konstitusi jika tidak menyebutkan dengan tegas bahwa syariat Islam akan ditegakkan.”

Menurutnya, rakyat memiliki kekuasaan tertinggi dalam merancang konstitusi. Meskipun Salafy hanya memiliki perwakilan minoritas dalam parlemen, namun mereka mewakili kebanyakan rakyat yang berunjuk rasa di jalan-jalan, yang memiliki kekuatan besar untuk menggerakkan massa yang mayoritas diam.

Majelis Konstitusi yang dibentuk pada bulan Maret lalu, pasa 10 April ditangguhkan oleh keputusan Mahkamah sebab dianggap kurang mewakili keberagaman rakyat Mesir.

Hussein Tantawi, pimpinan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata yang menguasai pemerintahan pascarezim Mubarak, melakukan pertemuan dengan perwakilan sekitar 20 partai untuk membentuk formasi Majelis Konstitusi yang baru pada Ahad lalu.

Partai bentukan Al Ikhwan dan Salafy menjadi pemenang pertama dan kedua dalam pemilihan umum Mesir belum lama ini, mengalahkan dengan telak partai-partai liberal dan para pendukung Husni Mubarak.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

Sumber:
http://www.hidayatullah.com/read/22310/21/04/2012/liberal-ingin-hilangkan-pengaruh-islam-dalam-konstitusi-mesir.html
Komentar:
Liberalisme adalah musuh Islam dan musuh rakyat, karena terbukti hanya menyengsarakan

Selasa, 10 April 2012

setel pendek url suka hati

Pengen membuat short url yang bisa disetel sesuka hati? bisa saja sih, tapi kebanyakan bayar. Dan ini ada solusi bagi yang pengen gratisan
Penyedianya adalah http://x2t.com , namun kalau kita langsung pergi ke alamat tersebut, selesai deh.
Ada masalah? Hubungi aja kami.
Ok

Jumat, 06 April 2012

Hukum menyebut lauk di jejaring sosial facebook

Walaupun kelihatannya sepele, tapi hal ini tidak terlepas dari syariat Islam. Memang tampaknya hal ini masih dalam ranah saling beramah tamah, tapi agama Islam tetap mempunyai aturan yang tetap memanusiakan manusia sebagai manusia. Dalam hal mengatur tentang hal ini, Rasulullah SAW bersabda:
“Hai Aba Dzarr, apabila engkau memasak sayur, maka perbanyaklah kuahnya dan bertenggang rasalah kepada tetanggamu” (H.R. Muslim)

Dalam Hadits lain juga dari Abi Dzarr, beliau bersabda:
“Apabila engkau memasak, maka perbanyaklah kuahnya lalu pikirkanlah pula keluarga dan tetangga anda, niscaya engkau bersikap baik kepada mereka” (H.R. Muslim)

Dan beliau juga merincikan sebagai berikut:
Tahukah kamu apa yang menjadi hak tetangga? Bila tetangga minta tolong, tolonglah dia. Bila ia ingin hutang kepadamu, hutangilah ia. Bila ia memperoleh sesuatu yang menggembirakan, ucapkanlah selamat kepada nya. Bila ia meninggal dunia, antarkanlah jenazahnya. Janganlah kamu mendirikan bangunan yang tinggi yang menutupi udara tetangga itu, kecuali kalau sudah mendapat izin. Bila kamu membeli buah-buahan, hadiahkanlah sebagian kepadanya, bila tidak, masukkanlah ke rumah pelan-pelan dan jangan sampai anak-anakmu membawa keluar buah-buahan itu supaya jangan membikin jengkel anak tetanggamu itu. Janganlah kamu sakiti hati tetangga dengan bau masakan dapur, kecuali kalau kamu berikan sebagian kepadanya. Tahukah kamu, apa yang menjadi hak tetangga? Demi zat yang menguasai jiwaku tidak akan bisa menyadari hak tetangga kecuali orang yang dirahmati Allah”.

Jadi hendaklah kita berkata yang baik-baik, kalu tidak maka diamlah (al-Hadits)


Minggu, 01 April 2012

Pengalaman ikut M2IQ PT Sumut

Vini Vidi Vici

Memang ini hanyalah sudah tidak hangat lagi, karena ceritanya sudah terjadi dua minggu yang lalu, tapi meskipun begitu semangat itu masih ada hingga kini. Baiklah saya mulai kisah ini di hari Kamis 9 Feb yang penuh gunda gulana, ketika ada pengumuman akan diselenggerakan ksarya ilmiah, maka saya yang memang sudah mencari kesana kemari info seperti ini tentu saja langsung mengambil ini sebagai jalan dari Allah, maka mulailah saya mendaftarkan diri, dan pada saat seleksi di sekolah saya tanggal 11 Feb, barulah saya mengetahui bahwa itu adalah untuk MTQ tingkat Perguruan Tinggi seluruh Sumatera Utara yang diselenggarakan di Kisaran, tanggal 18 Maret. Maka mulailah saya menabuh genderang perang dan sebulan penuh saya berkutat dengan dunia penulisan karya ilmiah yang berhasil merendahkan kesehatan saya, tapi tak mengapa, namanya juga tekad (i'tiqad), maka apapun tidak akan jadi penghalang.
Maka dimulailah petualangan itu dan saya berangkat tanggal 17 Maret bersama dengan rombongan lainnya mencarter bus Pariwisata dengan supir yang baik hati. Sekitar 6 jam perjalanan, akhirnya kami sampai dan menginap di Hotel yang dekat dengan lokasi lomba dan pas di samping kantor Bupati.
Dalam rombongan itu, kebetulan kami ada 4 geng sekawan (percis pathietic fournya Andrea Hirata), nah salah seorang dari anggota geng kami ini adalah orang Asahan, jadi dia punya banyak teman di Kisaran itu. Mulanya kamipun jalan kaki dan mencari Mesjid, sekalian mau tau di mana sebenarnya arena lombanya. Ternyata mushallanya jauh sekali, dua hari nggak hilang rasa capeknya, tapi yang mengherankan, sebenarnya saking besarnya, tempat ini tidak pantas dibilang mushalla, karena sudah hampir seperti mesjid.

Foto diambil dari arah Mushalla
Keadaan di samping Mushalla
Plang Mushalla

Setelah shalat 'Ashar disana, kami kembali ke Hotel. Di perjalanan, teman kami itu jumpa sama kawannya anak aliyah, terpakasa kami juga mengikuti dia ke pameran HUT Asahan yang kebetulan bersamaan dengan MTQ ini.

Stan Kemenag Asahan
Orang membeli oleh-oleh

Kemudian kami pulang, tak lupa sebagai kenang-kenangan kami berfoto bersama

Pada waktu foto waktu timing, bang Tarmizi mulai jail
ini foto saya dengan bang Mustafa
ini foto saya sendiri
Ini foto kami bertiga

Kemudian malam itu kami istirahat untuk mengumpulkan tenaga guna lomba besok. Untungnya kota itu diguyur hujan, jadi tidurpun tambah nyenyak.


foto di Hotel yang saya ambil dari beranda belakang

Besoknya kami terpaksa harus pertama bertanding, karena waktu kami lama sekali, itupun sudah cukup ringan, hanya 6 Jam, dan minimal 6 halaman. Tapi walaupun demikian tetap berkeringat juga membuatnya, bahkan saking seriusnya, hanya 3 orang kami yang berani mengambil jatah untuk istirahat. Sayangnya, di tempat ini kami tidak boleh mengaktifkan HP, jadi nggak ada fotonya deh.....

Lapangan IAIDU tempat festival nasyid
setelah lomba, foto dulu untuk kenang2an

setelah itu kami pergi ke pameran itu tadi yang tepat berada di depan IAIDU untuk membeli oleh-oleh. Yang saya heran, di sana ada martabak telor, yang tidak ada saya jumpai di Medan?


Lalu kami shalat Maghrib di Mesjid kampus itu, masjid itu terletak di lantai 2, lantai 1 untuk aula, tapi mesjidnya luas sekali dan lapang, jadi diatas sudah sejuk tanpa ada AC.


Akhirnya tibalah pengumuan yang sangat lama sekali baru diumumkan, yaitu jam 11, itupun ditambah lagi dengan verivikasi, akhirnya saya dapat juara harapan 1, padahal ini pengalaman pertama saya, ya, saya lihat, saya datang, dan saya menang