blog-islam


Selamat datang kami ucapkan, semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua

Bila ada gambar yang tidak bisa dimuat, silahkan klik kanan pada gambar dan pilih view image



١٤٣٥ H/ 2014 M




SELAMAT DATANG DI Manaroh al-Ilmi

Cetak Pdf

Jumat, 25 Mei 2012

SEMINAR & LOMBA Smafe 1st

Perlunya Majalah Sekolah

S

yahdan, minat baca di Indonesia begitu rendah bila dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, tidak terkecuali bagi para pelajar yang tiap hari bersentuhan dengan buku. Bila minat baca saja sudah rendah, apalagi minat menulis. Hal ini sudah pasti menghambat kemajuan terutama di bidang pendidikan. Banyak hal yang sudah digalakkan pemerintah dalam menggiatkan membaca di masyarakat, terutama para pelajar. Salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar adalah dengan menerbitkan majalah sekolah. Dengan membuat majalah sekolah tentu akan menggiatkan membaca di kalangan siswa. Sebenarnya dalam bentuk sederhana seperti majalah dinding, banyak siswa yang kelihatannya malas baca tetapi begitu bersemangat membaca majalah dinding, hal ini karena para siswa tersebut merasa sejiwa dengan penulisnya yang merupakan anak sekolah juga. Demikian juga dalam pelajaran yang dianggap sulit, seperti Fisika, bila dibahas dalam majalah sekolah dengan bahasa pelajar, tentu akan lebih mudah dicerna oleh siswa lainnya dibandingkan dengan penjelasan guru ataupun penjelasan buku.

Penerbitan majalah sekolah juga menimbulkan kreativitas dan melatih keterampilan siswa, karena selama ini dunia pendidikan kita sering terpaku pada kurikulum teoritis dan mengabaikan keterampilan, akibatnya banyak lulusan SMA bahkan Universitas yang masih gamang mengadapi kehidupan setelah tamat. Dengan demikian majalah sekolah ini akan melatih keterampilan meneliti, menulis, dan jurnalistik. Sudah pasti ini adalah dampak positif yang nyata dan harus dikembangkan, agar tercipta generasi penerus yang dapat membangun bangsa ini, bukannya malah menjadi beban bagi negara.

Dan untuk menjawab kebutuhan itu, Smart Magazine hadir memberikan solusi, terutama kepada pelajar. Dengan membuat media pelajar tentu adalah sebuah proyek yang tidak akan sia-sia bahkan berdampak sangat positif, dan yang pastinya, gerakan cemerlang ini akan menjadi pencerah baru untuk menguak dan membangkitkan dunia pendidikan kita. Yakinlah!

1 komentar:

  1. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus

Silahkan anda sampaikan pendapat anda, karena pendapat manusia sebagai makhluk berakal dan berhati harus dihargai.