blog-islam


Selamat datang kami ucapkan, semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua

Bila ada gambar yang tidak bisa dimuat, silahkan klik kanan pada gambar dan pilih view image



١٤٣٥ H/ 2014 M




SELAMAT DATANG DI Manaroh al-Ilmi

Cetak Pdf

Senin, 12 Maret 2012

Essai Solv : Bahasa Ibu

Bahasa Ibu
oleh: Muallim Rasyidi
mothers love
  1. ARTefak
Bangsa China mengungkapkan kasih sayang dalam aksaranya yaitu seperti seorang Ibu yang sedang menyusui anaknya. Hal ini tentu lebih filosofis ketimbang bangsa Barat yang menggambarkannya dengan bentuk jantung. Tentu hal ini karena Ibu sering dilambangkan sebagai perwujudan kedamaian dan kasih sayang. Meskipun bangsa Arab mengambil nasab dari pihak ayah sebagai sebuah lambang prestise, namun hubungan kekeluargaan dari pihak ibu akan melunakkan hati mereka. Suku Batak meski mereka mengambil dari pihak ayah, tapi mereka sangat menghormati keluarga dari pihak Ibu. Sebaliknya suku Minang langsung mengambil nasab dari pihak ibu agar tidak terjadi perselisihan. Bangsa Melayu menggunakan kata Ibu untuk istilah yang mengayomi, seperti ibu jari, ibu negeri, dan ibu pertiwi

  • 2. ARTefak
  • Agama Islam memuliakan seorang Ibu sedemikian rupa, bahkan dalam sebuah hadits Nabi yang mulia itu mengulang sampai 3 kali untuk menghormati seorang Ibu. Kenyataannya, setiap anak yang lahir pasti pertama kali ia akan menggunakan bahasa ibunya, karena figur sang Ibu adalah yang pertama sekali mengenalkannya kehidupan di dunia ini sekaligus sebagai body guard sukarelawan karena ketulusan dan kasih sayangnya.
    Bedakan, ketika ada orang mengistilahkan perwiritan kaum Ibu terasa lebih damai daripada perwiritan kaum Perempuan, maka serta merta orang akan teringat bagaimana jasa seorang Ibu yang demikian besarnya.
    Di balik orang-orang terkemuka yang dapat menjadi penyelamat umat manusia, tentu ada sosok Ibu. Sosok mereka memang undeground, tidak terlalu menjadi sorotan, karena memang sosok Ibu yang begitulah yang tepat, bukan seorang yang menonjolkan kekuasaan, layaknya sosok Ibu Negara yang mirip Ibu Tiri.


  • 3. ARTefak
  • Maka rasanya tidak adil bila kita hanya memperingati satu hari saja untuk mengenang hari Ibu, sebab jasanya yang tidak terhingga itu terus kita rasakan setiap harinya. Maka hari ini adalah hari Ibuku........
    Medan, 12 Mar 2012

    4 komentar:

    1. ibu adalah no 1 dalam keluarga, hahahaha...
      visit back gan :D

      BalasHapus
    2. Balasan
      1. betul banget tuh, di semua kegiatan semua orang pasti ada do'a ibu menyertai :D

        Hapus

    Silahkan anda sampaikan pendapat anda, karena pendapat manusia sebagai makhluk berakal dan berhati harus dihargai.